MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN PERTANYAAN MATEMATIKA (PPM) UNTUK MENSTIMT]LI PENALARAN MATEMATIS SISWA
Abstract
Penalaran merupakan salah sahr kompetensi dasar matematika di samping pemahaman, komunikasi dan pemecahan masalah. Penalaran juga merupakan proses mental dalam mengembangkan pikiran dari beberapa fakta atau prinsip. Namun hasil survei TIMSS pada tahun 2007 untuk siswa sekolah menengah Indonesia menunjukkan bahwa kemamp,tan siswa Indonesia relatif baik dalam menyelesaikan soal-soal tentang fakta dan prosedur tetapi sangat lemah dalam menyalesaikan soal-soal tidak rutin yang berkaitan dengan justifikasi atau pembuktian, pemecahan masalah yang memerlukan penalaran matematika, menemukan generalisasi atau konjektur, dan menemukan hubrmgan antara data-data atau falca yang diberikan. Kemampuan penalaran siswa yang rendah tidak terlepas dari model pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran. Dalam pembelajaran masih banyak guru matematika yang mengajarkan prosedur dengan tanpa menjelaskan mengapa prosedur tersebut digunakan. Akibatnya siswa beranggapan bahwa dalam menyelesaikan masalah, cukup memilih prosedur penyelesaiaa yang sesuai dengau masalah yang diberikan. Jika dalam proses pembelajaran guru masih cara-cara tradisional, maka dikhawatirkan penalaran siswa tidak berkembang secara optimal sehingga penguasaan matematika yang lorat sejak dini tidak terwujud. Untuk mencegah hal itu, maka siswa perlu berkesempatan membangun pengetahuan berdasarkan pengalaman belajar yang dimiliki, didorong untuk berani mencoba menyelesaikan asalkan tidak takut salah dan berani mengemukakan pendapat. Misalnya dalam proses pembelajaran guru meminta siswa untuk membuat pengajuan pertanyaan matematika yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Produk dalam penelitian ini adalah sebuah model pembelijaran Pengajuan Pertanyaan Matematika (PPM) untuk menstimuli penalaran matematis siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/