PROSES ILLUSION ZONE (IZ) DOSEN MATEMATIKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS

JAUHARA DIAN NURUL

Abstract


Penelitian ini membahas munculnya Illusion Zone (IZ) Dosen pendidikan Matematika pada sebuah perguruan tinggi swasta di Jombang. Peneliti memunculkan IZ dari perluasan teori Zone of Proximal Development (ZPD) yang dikemukan oleh Vygotsky, yaitu adanya Zone of Free Movement (ZFM) dan Zone of Promoted Action (ZPA) yang dikembangkan olehValsiner. Tindakan pendidik yang dipromosikan di kelas, namun tidak memungkinkan atau tidak berhasil disebut dengan Illusion Zone (IZ). Illusion Zone (IZ )ini diamati selain untuk mendapatkan data tentang Illusion Zone (IZ), juga untuk menjadikan refleksi bagi dosen maupun guru tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan, apakah telah sesuai dengan perencanaan dan pelaksanaan atau belum. Penelitian ini dilakukan pada tiga dosen pendidikan matematika yang sedang mengajar di kelas. Peneliti menemukan adanya IZ yang terjadi di semua kelas subjek dengan bentuk IZ yang berbeda-beda

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/