MENAKAR KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Agus Prianto

Abstract


Melalui buku ini hendak ditegaskan bahwa sesungguhnya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan public, hal itu tidak bisa hanya disandarkan kepada pemerintah saja, tetapi juga melibatkan seluruh elemen masyarakat. Masyarakat harus terus disadarkan bahwa mereka memiliki peran yang sangat besar dalam ranga untuk mendorong terwujudnya layanan public yang berkuaitas. Sebagai pemiliki kedaulatan yang paling sah, sesungguhnya masyarakat juga memiliki hak untuk memberikan penilaian apakah spesifikasi layanan public yang diberikan oleh pemerintah sudah sesuai dengan harapan yang diinginkan. Kesadaran seperti ini penting untuk terus ditumbuhkembangkan di tengah-tengah kehidupan masyarakat, terlebih setelah kita berketetapan hati untuk melaksanakan system demokrasi dalam kehidupaan berbangsa dan bernegara. Wacana tentang peningkatan  kualitas layanan public juga perlu untuk terus dikumandangan, terlebih dari berbagai survey, kajian, dan penelitian banyak yang menunjukkan bahwa baik buruknya kualitas layanan public merupakan salah satu factor yang menentukan maju atau mundurnya eksistensi suatu bangsa. Berbagai survey, kajian, dan penelitian bahkan secara tegas menyatakan bahwa  kemajuan ekonomi suatu bangsa antara lain ditentukan oleh layanan public yang berkualitas. Ketersediaan fasilitas public yang berkualitas bahkan merupakan salah satu factor yang menentukan apakah suatu negara itu dapat dikategorikan sebagai negara yang mampu berkompetisi dalam percaturan ekonomi global. Oleh karena itu, bila kita masih menginginkan agar negeri yang kita cintai ini masih memiliki eksistensi dalam kancah persaingan global, maka kita berkewajiban untuk terus mendorong dan mengawal agar layanan public yang berkuaitas segera dapat dihadirkan oleh pemerintah bersama-sama dengan segenap komponen masyarakat. Bila baru kini kita menyadari tentang pentingnya layanan public yang berkualitas, sesungguhnya hal itu termasuk dalam kategori “terlambat”, terlebih bila dikaitkan dengan adanya fenomena perubahan masyarakat yang sangat cepat. Perubahan masyarakat yang sangat cepat jelas berpengaruh terhadap spesifikasi layanan public dengan derajat kualitas tertentu yang mereka inginkan. Oleh karena itu, untuk pengadaan layanan public yang berkualitas, kita benar-benar ditantang untuk segera menenrukan sikap: “now or never!” Inilah saatnya bagi kita untuk terus dengan gencar mendorong agar pemerintah semakin mampu mewujudkan layanan public yang berkualitas, sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan masyarakat. Sebab bila tidak, yakinlah bahwa hal itu akan semakin membuat negeru yang kita cintai ini akan semakin tertinggal jauh dengan negara tetangga sebelah. Dengan dilandasi niat untuk melambungkan mimpi akan datangnya negeri surge yang benar-benar mampu memancarkan aroma surgawinya, penulis persembahkan buku kecil ini kepada siapa saja yang hingga kini terus berjuang dan berkorban untuk terwujudnya layanan public yang berkualitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/