Penguatan Employability dan Entrepreneurability Siswa SMK

Winardi Winardi

Abstract


Ada sepuluh langkah yang sudah ditetapkan pemerintah dalam menjalankan program revitalisasi SMK, salah satunya adalah pengembangan pembelajaran berbasis teaching factory (TF) sebagai strategi pembelajaran di SMK. Dengan adanya fakta tentang adanya kesenjangan yang besar antara sisi supply dan sisi demand pada lulusan SMK rumpun Bisnis Manajemen, maka dalam kajian ini penulis berupaya menggali informasi dari para lulusan SMK tahun 2019 untuk rumpun tersebut. Informasi dari para lulusan ini lebih berkaitan dengan bagaimana pandangan mereka tentang kegiatan Pembelajaran Berbasis TF yang sudah mereka ikuti sejak sekolah tempat mereka belajar mengikuti program revitalisasi. Model pembelajaran apakah yang dipersepsikan para lulusan memiliki kontribusi besar dalam membentuk kesiapan bekerja dan memperkuat minat berwirausaha. Suara lulusan dari sekolah yang pertama mengikuti program revitalisasi ini perlu didengarkan, karena sesungguhnya para lulusan yang siap kerja dan berminat untuk berwirausaha inilah yang pada akhirnya menjadi subjek dan sasaran utama dari program revitalisasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/