PROFIL REVERSIBILITAS SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh profil reversibilitas siswa SD dalam menyelesaikan soal pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD sebanyak dua subjek. Subjek yang dipilih adalah siswa yang berkemampuan matematika tinggi, yaitu seorang siswa laki-laki (SLT) dan seorang siswa perempuan (SPT). Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes reversibilitas (TR) kemudian subjek diwawancara berdasarkan hasil TR. Data hasil penelitian dianalisis mengacu pada pengertian reversibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk jenis soal dimana dan adalah elemen pecahan yang diketahui dan subjek diminta untuk menentukan nilai a, SLT dan SPT masing-masing dapat menentukan nilai a secara benar dan lancar dengan menggunakan invers terhadap operasi yang diketahui. Ini berarti untuk jenis soal ini, subjek mampu membangun hubungan dua arah. SLT mampu mengubah arah berpikirnya untuk kembali ke titik awal. Sedangkan SPT tidak mengubah arah berpikirnya untuk kembali ke titik awal. Hal tersebut dapat diketahui dari cara subjek dalam mengecek kebenaran nilai a. Untuk jenis soal dimana dan adalah elemen pecahan yang diketahui dan subjek diminta untuk menentukan nilai a, SLT menggunakan cara “memperkirakan”, sedangkan SPT menggunakan cara “”. Ini berarti dalam menentukan nilai a untuk jenis soal ini, kedua subjek tidak menggunakan reversibilitas mereka secara optimal
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/