EFEKTIVITAS MGMP SEBAGAI FORUM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Diah Dinaloni, Ery Tri Djatmika, Sri Umi Mintarti, Hari Wahyono

Abstract


Mengingat pentingnya peran pendidikan ekonomi dalam membentuk landasan perilaku ekonomi yang baik, maka salah satu faktor utama yang akan mempengaruhi keberhasilan pendidikan ekonomi adalah kinerja guru. Berbagai upaya dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja guru. Salah satunya adalah membentuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang dimaksudkan sebagai forum pembinaan profesionalisme bagi guru mata pelajaran. Kenyataan yang ditemui di lapangan para guru masih mendapatkan kesulitan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai tenaga pendidik yang profesional. Hal ini tentu kontra produktif dengan keberadaan MGMP yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja guru.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas MGMP sebagai forum pembinaan profesionalisme guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di kabupaten Jombang terhadap kinerja guru. Subjek penelitian adalah anggota MGMP ekonomi SMA Negeri di kabupaten Jombang yang berjumlah 15 guru ekonomi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes.  Alat tes yang digunakan dalam pengambilan data untuk kompetensi guru berasal dari tes UKG yang disadur dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan alat tes yang digunakan dalam pengambilan data untuk kinerja guru disadur dari penilaian kinerja profesi guru dan angka kreditnya tanpa melihat kinerja guru ketika melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  nilai kompetensi profesional dan pada saat proses pembelajaran ekonomi adalah paling rendah. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa efektivitas MGMP sebagai forum pembinaan profesionalisme guru ekonomi terhadap kinerja guru masih belum optimal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/