Literasi Media Sekolah

Akhmad Sauqi Ahya

Abstract


Buku ini ditulis berdasarkan pengabdian di desa Kepuhrejo yang merupakan salah satu desa digital di kecamatan Kudu dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.  Pendidikan Literasi media pada anak-anak diberikan agar mereka bijak berteknologi sehingga mampu mengetahui dampak positif dan negatifnya dan menimilisir dampak negatif yang diperoleh dari penggunaan teknologi.

Gerakan literasi Media sekolah secara umum diterjemahkan bukan hanya sebagai kegiatan membaca dan menulis akan tetapi juga lebih dikembangkan pada kemampuan komunikasi seseorang dengan orang lain dalam kegiatan bersosial dengan masyarakat. Secara sosial kegiatan literasi ini ada tiga hal yang saling berkaitan satu sama lain yakni pengetahuan, bahasa, dan budaya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai budi pekerti pada anak-anak.. Kegiatan ini harus sudah dimulai sejak anak masih kecil, karena tujuan dari proses pendidikan tidak hanya menjadikan anak cerdas dalam keilmuan, tetapi juga dalam kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kegiatan gerakan literasi telah berkembang dari tahun ke tahun. Semakin berkembang, kegiatan ini merupakan sebuat aktifitas yang sudah direncanakan dalam membentuk masyarakat yang berpendidikan. .

 Anak anak pada masa golden age perlu adanya arahan dalam penggunaan internet secara aktif. Sehingga mereka tidak terjerumus untuk memanfaatkan internet secara negatif. Kondisi ini tentunya membuka peluang mereka untuk mengakses situs-situs yang tidak ramah anak dan membahayakan pada perkembangan berpikir serta prilaku mereka. Anak anak  bisa saja memiliki prilaku yang tidak wajar dan bebas, jika tidak diberikan pendidikan literasi media. Pengabdian ini penting dilaksanakan karena kegiatan ini akan memberikan pemahaman yang mendalam kepada anak-anak tentang literasi media.

Oleh karena itu dalam buku ini juga menjelaskan konsep-konsep merancang Pengenalan, Pendampingan dan Pembiasaan Literasi Media sekolah serta dilengkapi dengan pemberian contoh pengaplikasian dalam kegiatan pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/