Pragmatik Bahasa Arab

Akhmad Sauqi Ahya

Abstract


Pada pembelajaran Bahasa, Guru atau pengajar mempunyai peran penting dalam memudahkan siswa untuk berkomunikasi dalam proses belajar mengajar, Untuk mewujudkan tindak komunikasi yang yang efektif diantara guru dan siswa, maka guru sebagai fasilitator harus mempunyai kompetensi pragmatik. Dengan kempetensi tersebut maka tuturan guru pada kegiatan tersebut bisa memenuhi keberterimaan terkait dengan konteks tuturan. Sehingga penutur dan mitra tutur bisa memahami makna tuturan dengan baik dan kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif. Buku Pragmatik Bahasa Arab ini diharapkan dapat menjadi salah satu rujukan bagi Guru Bahasa Arab dalam pengembangan kompetensinya.

Selain itu,buku ini juga dapat digunakan sebagai buku ajar di perguruan tinggi pada mata kuliah pragmatik khususnya Program studi Pendidikan Bahasa Arab dan sastra arab. Penulis adalah dosen program studi Bahasa Arab Universitas HAsyim Asy’ari. SInergi ahli linguistik ini akan memberikan warna dan keunggulan tersendiri pada buku yang ada di tangan pembaca.

Buku ini tidak hanya menyajikan teori tentang Pragmatik dalam Bahasa Arab, tetapi juga menyajikan hasil analisis tindak tutur dan pematuhan prinsip kerjasama dalam tuturan berbahasa Arab. Sehingga akan memberikan wawasan yang sangat luas bagi Mahasiswa dan pengajar Bahasa Arab baik dalam memperdalam materinya juga dlam mengembangkan keilmuannya dalam bidang penelitian pragmatik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/