PENERAPAN PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA UNTUK TOPIK SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA PEUBAH DI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JOMBANG

Rifa Nurmilah

Abstract


Dalam situasi masyarakat yang selalu berubah, idealnya pendidikan tidak
hanya berorientasi pada masa lalu dan masa kini, tetapi sudah seharusnya
merupakan proses yang mengantisipasi dan membicarakan masa depan.
Pendidikan hendaknya melihat jauh ke depan dan memikirkan apa yang akan
dihadapi peserta didik di masa yang akan datang. Berdasarkan alasan tersebut ,
maka sangatlah urgen bagi para pendidik khususnya guru memahami karakteristik
materi, peserta didik dan metodologi pembelajaran dalam proses pembelajaran
terutama berkaitan pemilihan terhadap model-model pembelajaran modern yang
berkenaan dengan kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan
yang berhubungan dengan matematika.
Satu inovasi yang menarik mengiringi perubahan paradigma tersebut
adalah ditemukan dan diterapkannya model-model pembelajaran inovatif dan
konstruktif atau lebih tepat dalam mengembangkan dan menggali pengetahuan
peserta didik secara konkrit dan mandiri terutama dalam mata pelajaran
matematika. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran
kooperatif investigasi kelompok (GI). Investigasi kelompok merupakan
pembelajaran kooperatif yang paling kompleks dan paling sulit diterapkan. Dalam
model pembelajaran ini siswa terlibat dalam perencanaan baik topik yang
dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka. Pendekatan ini
memerlukan norma dan struktur kelas yang lebih rumit daripada pendekatan yang
lebih berpusat pada guru. Pendekatan ini juga memerlukan mengajar siswa
keterampilan komunikasi dan proses kelompok yang baik. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan pembelajaran
investigasi kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
untuk topik Sistem Persamaan Linier Dua Peubah.
Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas X-
1 Akuntansi dan X-2 Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang tahun pelajaran
2009/2010. Pemilihan kelas eksprimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara
pengundian. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelas X-2
Akuntansi yang berjumlah 40 siswa sedangkan kelas yang terpilih sebagai
kelompok kontrol adalah kelas X-1 Akuntansi yang berjumlah 40 siswa. Jenis
penelitian ini penelitian eksperimen semu, instrument yang digunakan adalah tes
dan RPP.
Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan dengan taraf signifikan α =
5% dengan harga ttabel = 1,67 dan thitung = 7,188. Dapat diartikan bahwa harga thitung
> ttabel dan hipotesis awal (H0) ditolak, yang artinya bahwa ada pengaruh
penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika untuk topik sistem persamaan linier dua peubah
di SMK Negeri 1 Jombang kelas X Akuntasi tahun pelajaran 2009/2010. Maka
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran investigasi kelompok berpengaruh
dalam kemampuan pemecahan masalah khususnya pada pembelajaran
matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/