Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal

Perpustakaan STKIP Jombang

Abstract


Rendahnya kemampuan penalaran menjadi penyebab rendahnya prestasi matematika. Diperlukan solusi, diantaranya STEM. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penalaran logis calon guru matematika melalui pengintegrasian pendekatan STEM dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah seorang mahasiswa calon guru matematika yang dipilih secara purposive sampling.
Instrumen penelitian meliputi utama dan pendukung yaitu TPL dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan subjek melakukan eksplorasi software Geogebra untuk mengidentifikasi informasi yang diperlukan sesuai pengetahuan yang dimiliki. Subjek juga melakukan beberapa teknik mengoperasikan aplikasi Geogebra, seperti dilatasi dan refleksi. Selanjutnya subjek menekankan beberapa titik-titik koordinat selama membuat grafik
fungsi yang ditunjukkan software Geogebra untuk membuktikan jawabannya melalui subtistusi setiap titik-titiknya. Subjek meyakini kebenaran hasil yang ditunjukkan pada Geogebra. Pengintegrasian teknologi dalam setiap matakuliah diperlukan agar mahasiswa dapat mengembangkan penalaran logis dalam menyelesaikan masalah matematika.


Kata Kunci: logis, penalaran, STEM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/