Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Perpustakaan STKIP Jombang

Abstract


Belajar lebih bermakna apabila siswa diberi kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan belajar, mengaktualisasikan kemampuan mereka di dalam dan di luar kelas. Memilih model pembelajaran yang tepat dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan berdampak pada kegiatan siswa dan hasil belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match menyenangkan digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Index Card Match terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan desain pra-eksperimental dengan model desain pretest-posttest satu kelompok. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dan korelasi. Hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh tipe Index Card Match terhadap hasil belajar matematika siswa.Perhitungan SPSS menyatakan bahwa nilai r hitung = 0,709, yang terletak di antara 0,600<r≤0.800 yang berarti berada dalam kriteria tinggi.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Index Card Match; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/