EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA MASTER TRIGONOMETRI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Perpustakaan STKIP Jombang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based
Learning (PBL) dengan media master trigonometri terhadap pemecahan masalah
matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan rancangan pre-experimental the one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes pretest-posttest. Teknik analisis data hasil tes yaitu menggunakan uji-t. Hasil penelitian pretest-posttest siswa menunjukkan nilai thitung= –2,812 dengan taraf signifikansi 5% dan batas penolakan hipotesis nol adalah ttabel = 2,0452, sehingga |-2,812| > 2,0452 atau |thitung| > ttabel. Oleh karena itu, H0 ditolak atau ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa antara sebelum dan sesudah menerapkan model PBL dengan media master trigonometri. Oleh karena itu, penerapan PBL dengan media master trigonometri efektif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa.

Kata kunci: Model Problem Based Learning, Media Master Trigonometri,
Pemecahan Masalah Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/