PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP SELF ESTEEM DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Rahayu Prasetiyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap self esteem dan motivasi belajar peserta didik dan juga untuk mengetahui sikap mengajar manakah yang paling memperngaruhi self esteem dan memotivasi siswa. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto untuk menunjukkan bahwa variable bebas itu telah terjadi sebelumnya. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas yaitu sikap mengajar guru dan variabel terikat adalah self esteem dan motivasi belajar peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 peserta didik yaitu terdiri dari 28 peserta didik gaya mengajar rill, 28 peserta didik gaya mengajar otoriter dan 28 peserta didik sikap mengajar permissive. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket Self Esteem dan Motivasi. Berdasarkan hasil perhitungan dari Manova (Multivariate of Anova) melalui program SPSS, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada ketiga gaya mengajar guru dalam mempengaruhi self esteem dan motivasi belajar peserta didik dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan gaya mengajar guru yang memiliki pengaruh paling besar terhadap self esteem dan motivasi belajar peserta didik adalah sikap mengajar riil, kemudian diikuti sikap mengajar otoriter dan yang terakhir sikap mengajar permissive

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/