STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI ANTARA SEBELUM DAN SESUDAR PENJURUSAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI NGORO JOMBANG

. Munawaroh

Abstract


Penelitian tentang penjurusan di kelas XI. IPS untuk bidang studi ekonomi dilatarbelakangi oleb kenyataan bahwa sudah waktunya, khususnya di Indonesia untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan. Apalagi dalam era globalisasi saat ini yang nantinya akan penuh dengan persaingan. Untuk itu berbagai upaya perbaikan perlu dilakukan termasuk masalah pengajaran dan perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ekonomi antara sebelum dan sesudah penjurusan dalam hubungannya dengan minat belajar ekonomi. Populasi penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri Ngoro Jombang kelas XI. IPS dengan jumlab 194 siswa. Karena keterbatasan waktu, biaya, dan lenaga, sampel penelitian kami ambil 20% dan populasi dengan jumlah 39 siswa. Pengambilan data diperoleh dan nilai rapor ekonomi melalui buku ledger sebelum dan sesudah penjurusan. Berdasarkan analisis data diperoleh basil untuk yang berminat sedang sejumlah 18 siswa diperoleb angka terhitung sebesar -2,226 dengan t-tabel 2,042. Sedangkan untuk yang berminat tinggi sejumlah 21 siswa diperoleh angka t-hitung sebesar -2,717 dengan t-tabel 2,021. Hal ini menunjukkan babwa berdasarkan pengujian hipotesis terbukti bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian dapat diterima kebenarannya, maka ada perbedaan prestasi belajar ekonomi antara sebelum dan sesudah penjurusan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/