Perbedaan Antara Model Pembelajaran Jigsaw dengan Model Pembelajaran STAD Terhadap Prestasi Belajar Siswa mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MAN 6 Jombang

. Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw dan STAD. Penelitian mi dilaksanakan di MAN 6 Jombang. .Pengambilan sampel penelitian berjumlah 66 orang dan MAN 6 Jombang pada kelas X-A dan kelas XB sebagai subjeknya. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar (15 item) serta lembar observasi

            Analisis data menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung sebesar 2,09 pada taraf signifikan a 0,05 dan diperoleh tiahel sebesar 2,00, maka thitung> (tabel sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil belajar Ekonomi siswa yalig diajar dengan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran STAD, dengan nilai rata-rata (mean) gain kelas X-A yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw yaitu 3,14 dan nilai rata-rata (mean) gain kelas X-B yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD yaltu 2,68 maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/