Analisis Cara Pembelajaran Team Teaching Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 3 Jombang

. Munawaroh

Abstract


Semenjak dideklarasikan bahwa guru adalah sebuah profesi sama halnya iengan profesi-profesi lain seperti dokter, pengacara dan lain-lain pada tahun 2004. maka untuk menjadi guru siapa saja harus melalui pendidikan khusus yaitu ‘endidikan profesi guru yang lamanya dan 36 sampai 40 sks bagi guru pra iabatan. Mengajar minimal 24 jam perminggu inilah yang sekarang menjadi ,persoalan besar bagi guru-guru dalam jabatan baik guru swasta maupun guru PNS. Ketika dihadapkan dengan tuntutan kurikulum yang sangat kompleks dan kondisi nyata yang kurang kondusif, guru seringkali menjadi tidak berdaya dan memiliki keterbatasan untuk dapat mengimplementasikan kurikulum sesuai dengan apa yang diharapkan dan digariskan dalam ketentuan yang ada. Guru tetap yang tidak dapat memenuhi beban kerja 24 (dua puluh empat) jam pelajaran tatap muka dan maksimal 40 (empat puluh) jam tatap muka perminggu pada satuan pendidikan dimana dia diangkat sebagai guru dapat memenuhi beban kerjanya melalui sistem tim pengajaran bersama.

            Penelitian ini menggunakan cara pembelajaran team teaching. Team Teaching adalah suatu Metode mengajar dimana pendidiknya lebih dan satu orang yang masing-masing mempunyai tugas.

            Penelitian ini di lakukan pada siswa kelas X-7 di SMA Negeri 3 Jombang yang berjumlah 36 siswa dimana peneliti bertindak sebagai pengamat dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas PTK) dengan model pelaksanaan PTK Kolaboratif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas siswa pada waktu pembelajaran berlangsung tergolong baik, sedangkan Prestasi belajar Siswa pada pembelajaran Team Teaching cukup baik. Dengan jumlah siswa yang tuntas belajar 89%. Siswa mencapai skor 70 (siswa telah tuntas belajar) dengan respon siswa terhadap team teaching ini positif terbukti seluruh aspek yang di jawab lebih dan 70% dan cara guru mengajar dengan menerapkan team teaching tergolong baik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/