Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik kelas VIII pada mata pelajaran Ekonomi di MTs Fatahilah Kandangan

. Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs. Fatahillah Kandangan.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengukur setiap item instrument penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji determinasi (R2), uji F dan Uji t untuk menguji pengaruh variabel-variabel independen terhadap variable dependen dengan tingkat signifikansi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 0,05.

Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diketahui prestasi belajar 33,947, koefisien regresi variable gaya belajar (X1) sebesar 0,320 dan koefisien regresi variable lingkungan belajar (X2) sebesar 0,342. (1) uji determinasi ganda (R Square) sebesar 0,838 atau 83,8% artinya persentase sumbangan pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 83,8%; (2) secara simultan gaya belajar dan lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan F hitung sebesar 90,250 > F table sebesar 3,267; (3) secara parsial variable gaya belajar dan variable lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan t hitung pada variable gaya belajar (X1) sebesar 6,258 > t table sebesar 2.030 dan t hitung pada variable lingkungan belajar (X2) sebesar 6,418 > t table sebesar 2,030

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/