Pengembangan Model Pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode APBL pada mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK

. Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendekatan model CTL melalui metode (Authentic Problem Based Learning) APBL dan perangkat pembelajaran pada SMK kelompok Bisnis dan Manajemen jurusan keuangan kompetensi keahlian akuntansi yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan kecakapan hidup siswa terutama kecakapan dalam pemecahan masalah. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap yang meliputi pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan pendiseminasian (dessiminate). Dan melibatkan para ahli pembelajaran yang digunakan sebagai masukan dalam pengembangan.

Metode pembelajaran kewirausahaan melalui metode (Authentic Problem Based Learning) APBL sehingga dihasilkan masukan untuk pembuatan buku ajar kewirausahaan. Metode penelitian dalam pengumpulan datanya menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa, tes tulis, dan angket. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Akuntansi 1 SMKN 1 Jombang dan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif eksploratif.

Pada penelitian ini peneliti sudah membuat RPP, silabus yang sudah divalidasi oleh validator, instrument keterlaksanaan pembelajaran, angket aktivitas siswa, angket respon siswa, draft buku ajar sudah divalidasi oleh validator dan hasil tes atau nilai kewirausahaan. Langkah selanjutnya yang akan peneliti lakukan yaitu mengolah dan menganalisis data serta menyusun laporan akhir

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/