PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW

Yulia Effrisanti, Siti Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui model pembelajaran tipe jigsaw. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang angkatan 2013 yang sedang menempuh mata kuliah kesekretarisan. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan jenis pre-test and post-test group design. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket motivasi belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji  t berpasangan (paired samples t-test) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar mahasiswa sebesar 3,4 antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran tipe jigsaw

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/