PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA PEMBELAJARANEKONOMI

Perpustakaan STKIP

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XIIS I MAN 1 Jombang pada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data metode ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,665 %. Persentase aktifitas siswa pada siklus I sebesar 60,51% dengan kriteria cukup aktif, Persentase aktifitas siswa pada siklus II sebesar 76,175% dengan kriteria aktif. Sedangkan untuk hasil belajar ekonomi siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 25,81 %. Persentse Ketuntasan belajar klasikalpada siklus I sebesar54,83%. Persentase Ketuntasan belajar klasikalpada siklus II sebesar 80,64 %. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Probing Prompting pada materi sistem dan alat pembayaran dapat menigkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS IMAN 1 Jombang.

Kata Kunci : Probing Prompting, Aktivitas, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/