PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X (STUDY KASUS SMK 10 NOPEMBER JOMBANG DAN SMK NEGERI 3 JOMBANG)

Perpustakaan STKIP

Abstract


Kata Kunci: Kedisiplinan Siswa, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK 10 Nopember dan SMK Negeri 3 Jombang. Di samping itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

Untuk menguji variabel tersebut ,peneliti telah menyebar angket pernyataan kepada 55 responden di SMK 10 Nopember Jombang dan di SMK Negeri 3 Jombang 74 responden . Pengambilan sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Untuk memberikan hasil yang sesuai dengan pemecahan masalah yang di hadapi, di gunakan metode analisis regresi linier berganda.berdasarkan perhitungan analisis regresi berganda dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh variabel bebas (Kedisiplinan Siswa) dan (Motivasi Belajar) terhadap variabel terikat (Prestasi Belajar Siswa). Pada SMK 10 Nopember Jombang di buktikan dengan nilai t variabel kedisiplinan siswa sebesar 0,027>0,05 yang artinnya variabel kedisiplinan siswa berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel motivasi belajar nilai t sebesar 0,000<0,05 yang artinya variabel motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan output koefisien determinan (R2) sebesar 0,451 yang dapat di artikan bahwa kedisiplinan siswa dan motivasi belajar berpengaruh sebesar 35,1% terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan di SMK Negeri 3 Jombang nilai t variabel kedisiplinan siswa sebesar 0,002>0,05 yang artinnya kedisiplinan siswa ada pengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar siswa. Dan nilai t motivasi belajar sebesar 0,000<0,05 yang artinya motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan output koefisien determinan (R2) sebesar 0,444 yang dapat di artikan bahwa kedisiplinan siswa dan prestasi belajar berpengaruh sebesar 44,4% terhadap prestasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/