PERANAN BURSA KERJA KHUSUS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMK PGRI 1 JOMBANG

Perpustakaan STKIP

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan Bursa Kerja Khusus dalam pengambilan keputusan karir siswa kelas XII SMK PGRI 1 Jombang, sehingga siswa mampu menentukan karir kedepannya melalui kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan oleh Bursa Kerja Khusus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan berupa kata – kata atau lisan melalui wawancara dari orang – orang dan perilaku yang diamati, informan dalam penelitian ini meliputi ketua bursa kerja khusus, wakasek humas, staff bursa kerja khusus dan siswa kelas XII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bursa Kerja Khusus berperan penting dalam pengambilan keputusan karir siswa SMK PGRI 1 Jombang. Peran Bursa Kerja Khusus Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas XII di SMK PGRI 1 Jombang antara lain, 1) Mampu berperan sebagai unit pelaksana pemberi informasi pasar kerja 2) Mampu berperan sebagai unit pelaksana pendaftaran pencari kerja 3) Mampu berperan sebagai unit pelaksana penyuluhan dan bimbingan jabatan 4) Mampu berperan sebagai unit pelaksana penempatan dan penyaluran tenaga kerja.
Kata Kunci : Peran Bursa Kerja Khusus SMK PGRI 1 Jombang, Pengambilan Keputusan Karir Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/