Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di UD. Mikado Dsn. Bendungrejo Ds. Jogoroto Kec. Jogoroto Kab. Jombang

Perpustakaan STKIP

Abstract


Perusahaan bisnis adalah suatu organisasi yang terlibat dalam pertukaran barang, jasa atau uang untuk menghasilkan keuntungan. Untuk mencapai keuntungan atau tujuan perusahaan maka diperlukan kinerja karyawan yang baik. Kinerja yang baik tentunya ditunjang oleh beberapa faktor diantaranya, yaitu gaya kepemimpinan dan motivasi kerja. Gaya kepemimpinan merupakan cara seseorang pemimpin untuk mempengaruhi bawahanya untuk berperilaku sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan motivasi kerja merupakan dorongan dari dalam diri seseorang maupun dari luar untuk menggerakkan seseorang agar berusaha atau berperilaku untuk mencapai tujuan perusahaan.
Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di UD. Mikado Dsn. Bendungrejo Ds. Jogoroto Kec. Jogoroto Kab. Jombang. (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di UD. Mikado Dsn. Bendungrejo Ds. Jogoroto Kec. Jogoroto Kab. Jombang. (3) gaya kepemimpin dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di UD. Mikado Dsn. Bendungrejo Ds. Jogoroto Kec. Jogoroto Kab. Jombang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa; (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Gaya Kepemimpinan secara parsial (individu) terhadap variabel Kinerja Karyawan di UD.Mikado yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 2,781 lebih besar dari ttabel 2,002 dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Motivasi Kerja terhadap variabel Kinerja Karyawan di UD. Mikado yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 3.495 > ttabel 2,002 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di UD. Mikado dengan nilai Fhitung sebesar 16,820 > Ftabel 3,61 dengan taraf signifikansi 0.000 < 0,05. Dan R2 memiliki nilai sebesar 0, 371 atau sama dengan 37,1%, dengan begitu gaya kepemimpinan dan motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan UD. Mikado sebesar 37, 1% dan sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/