PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PLUS UMAR ZAHID TAHUN AJARAN 2018/2019

Perpustakaan STKIP

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XI Akuntansi SMK Plus Umar Zahid tahun ajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Sumber data penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik, aktivitas guru, dan aktivitas belajar peserta didik. Subjek penelitian berjumlah 22 peserta didik. Lokasi penelitian di SMK Plus Umar Zahid, kecamatan Bandarkedungmulyo, kabupaten Jombang.
Hasil penelitian siklus I presentase rata-rata aktivitas guru sebesar 75% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,5%. Pada siklus I presentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik sebesar 63,63% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90.90%. Ketuntasan hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 63,63% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,36%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/