ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 GUDO

Perpustakaan STKIP

Abstract


Penelitian  ini  mengkaji  tentang  pemahaman  konsep  matematika  dalam
menyelesaikan  soal  matematika.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk
mendeskripsikan  pemahaman  konsep  matematika  siswa  yang  memiliki
kemampuan matematika  tinggi,  sedang  dan  rendah  dalam menyelesaikan  soal
matematika.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif.  Metode
pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara.
Subjek  penelitian  ada  3  siswa  yang  terpilih  berdasarkan  proses  purposive
sampling  berdasarkan  kemampuan  komunikasi  siswa  dengan  baik,  sehingga
terpilih  siswa  kelas  IX  SMP  Negeri  1  Gudo  yaitu  1  siswa  yang  memiliki
kemampuan matematika tinggi, 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika
sedang,  dan  1  siswa  yang  memiliki  kemampuan  matematika  rendah.
Berdasarkan  analisis  data  didapat  hasil  bahwa  subjek  yang  memiliki
kemampuan  tinggi  menyatakan  ulang  dan  menggunakan  konsep  yang  telah
dipelajari, menggunakan  hubungan  antar  konsep,  dan menggunakan  prosedur
rutin  dengan  operasi  yang  dibutuhkan  untuk menyelesaikan  soal matematika.
Subjek  yang memiliki  kemampuan matematika  sedang menyatakan  ulang  dan
menggunakan  konsep  yang  telah  dipelajari,  menggunakan  hubungan  antar
konsep,  dan  menggunakan  prosedur  rutin  dengan  operasi  yang  dibutuhkan
untuk  menyelesaikan  soal  matematika.  Subjek  yang  memiliki  kemampuan
matematika  rendah  menyatakan  ulang  dan  menggunakan  konsep  yang  telah
dipelajari,  tidak  bisa  menggunakan  hubungan  antar  konsep  dan  tidak  bisa menyelesaikan soal matematika dengan benar.
Kata  kunci  :  Pemahaman  Konsep  Matematika,  Soal  Matematika,
Kemampuan Matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/