ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 GUDO
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pemahaman konsep matematika dalam
menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa yang memiliki
kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal
matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode
pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara.
Subjek penelitian ada 3 siswa yang terpilih berdasarkan proses purposive
sampling berdasarkan kemampuan komunikasi siswa dengan baik, sehingga
terpilih siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gudo yaitu 1 siswa yang memiliki
kemampuan matematika tinggi, 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika
sedang, dan 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah.
Berdasarkan analisis data didapat hasil bahwa subjek yang memiliki
kemampuan tinggi menyatakan ulang dan menggunakan konsep yang telah
dipelajari, menggunakan hubungan antar konsep, dan menggunakan prosedur
rutin dengan operasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal matematika.
Subjek yang memiliki kemampuan matematika sedang menyatakan ulang dan
menggunakan konsep yang telah dipelajari, menggunakan hubungan antar
konsep, dan menggunakan prosedur rutin dengan operasi yang dibutuhkan
untuk menyelesaikan soal matematika. Subjek yang memiliki kemampuan
matematika rendah menyatakan ulang dan menggunakan konsep yang telah
dipelajari, tidak bisa menggunakan hubungan antar konsep dan tidak bisa menyelesaikan soal matematika dengan benar.
Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Soal Matematika,
Kemampuan Matematika.
menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa yang memiliki
kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal
matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode
pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara.
Subjek penelitian ada 3 siswa yang terpilih berdasarkan proses purposive
sampling berdasarkan kemampuan komunikasi siswa dengan baik, sehingga
terpilih siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gudo yaitu 1 siswa yang memiliki
kemampuan matematika tinggi, 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika
sedang, dan 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah.
Berdasarkan analisis data didapat hasil bahwa subjek yang memiliki
kemampuan tinggi menyatakan ulang dan menggunakan konsep yang telah
dipelajari, menggunakan hubungan antar konsep, dan menggunakan prosedur
rutin dengan operasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal matematika.
Subjek yang memiliki kemampuan matematika sedang menyatakan ulang dan
menggunakan konsep yang telah dipelajari, menggunakan hubungan antar
konsep, dan menggunakan prosedur rutin dengan operasi yang dibutuhkan
untuk menyelesaikan soal matematika. Subjek yang memiliki kemampuan
matematika rendah menyatakan ulang dan menggunakan konsep yang telah
dipelajari, tidak bisa menggunakan hubungan antar konsep dan tidak bisa menyelesaikan soal matematika dengan benar.
Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Soal Matematika,
Kemampuan Matematika.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/