PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI TPM SMK 10 NOVEMBER JOMBANG
Abstract
Tujuan penelitian ini ntuk mengetahui keaktifan siswa dan hasil belajar pada model pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) terhadap mata pelajaran kewirausahaan kelas XI jurusan TPM (Teknik Permesinan). Data dikumpulkan dengan analisi observasi, dokumentasi, tes. Penelitian ini adalah penelitian berkolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI (TPM) yang berjumlah 41 siswa tahun ajaran 2017/2018 semester genap. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas XI SMK 10 November Jombang. Peningkatan ini terlihat dari kenaikan prosentase keaktifan siswa tersebut dapat dilihat dari rata-rata pada siklus I siswa mencapai prosentase 66,95%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 93,78%. Sedangkan, pada pada siklus I, peningkatan hasil belajar siswa dengan prosentase 51,22%, siklus II ternyata terjadi peningkatan yang sangat baik lagi dengan prosentase 92,68%.
Kata kunci : keaktifan, hasil belajar, LSQFull Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/