Perpaduan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS MA Al-Anwar Paculgowang Tahun 2018/2019

Perpustakaan STKIP

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran perpaduan model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS MA Al-Anwar Paculgowang. Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi antara guru mata pelajaran ekonomi dan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian yaitu observasi (pengamatan), tes formatif dan dokumentasi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dibuktikan dengan prosentase ketuntasan siswa dari pra siklus dengan perolehan 25,92%, siklus I mendapat 51,85% dan pada siklus II 90% dari peningkatan tersebut sudah mencapai nilai ketuntasan secara klasikal dengan standar 88,88%
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Numbered Head Together, Hasil Belajar, Mata pelajaran Ekonomi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/