ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SATE AYAM ‘AREMA’ JOMBANG

Perpustakaan STKIP

Abstract


Subyek penelitian ini adalah pedagang sate di dusun Babatan desa Kepuhkembeng yaitu sate ayam ‘Arema’. Usaha ini tergolong baru , namun mampu bersaing dengan pedagang sate lainnya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi dan menganalisis SWOT (Strenghtss, Weaknesses, Opportunities, Threats) pada pedagang sate ayam ‘Arema’ (2) merumuskan strategi pengembangan melalui analisis SWOT.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui wawancara dan observasi. Alat analisis yang digunakan dalam merumuskan strategi pengembangan pedagang sate ayam ‘Arema’ adalah matriks SWOT dan matriks IFAS, EFAS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwapedagang sate ayam ‘Arema’ menggunakan strategi pertumbuhan agresif yaitu strategi SO (Strenghts-Opportunities) melalui mengoptimalkan pelayanan konsumen dengan menyediakan sistem pembelian atau pesanan melalui teknologi komunikasi via SMS atau whatsapp serta menambah jumlah produksi terutama pada kondisi tertentu. Hal ini dikarenakan masyarakat saat ini lebih memilih penyajian/pembelian yang praktis.
Kata kunci : Strategi, Analisis SWOT, IFAS, EFAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/