PENGARUH PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI JOMBANG)

Mahendra Denta Prastya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap kesiapan mengajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 STKIP PGRI Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 130 mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2013 STKIP PGRI Jombang yang telah selesai melaksanakan PPL. Sampel yang diambil untuk menjadi responden penelitian sebanyak 65 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui: 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan PPL terhadap kesiapan mengajar dengan pengaruh sebesar 0,405 pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2013 STKIP PGRI Jombang. 2. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi belajar terhadap kesiapan mengajar dengan pengaruh sebesar 0,487 pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2013 STKIP PGRI Jombang. 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan PPL dan motivasi belajar secara bersama terhadap kesiapan mengajar pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2013 STKIP PGRI Jombang. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,566 PPL dan motivasi belajar memiliki kontribusi terhadap terbentuknya kesiapan mengajar pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2013 STKIP PGRI Jombang sebesar 56,6%.

Kata Kunci: PPL, Motivasi Belajar, Kesiapan Mengajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/