PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI JOMBANG

FIKA KUR AINI

Abstract


Minat memiliki peranan penting untuk memulai suatu pekerjaan, jika seseorang memiliki minat terhadap objek tertentu, maka ia akan cenderung memberikan perhatian yang lebih besar dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh (1) Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha, (2) Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha, (3) Efikasi Diri dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengolaan data menggunakan SPSS 16. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 STKIP PGRI Jombang yaitu sebanyak 39 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan Tes. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas, dan Analisis Regresi Linier Berganda. Pengujian Hipotesis menggunakan Uji T, Uji F, dan Uji R Square (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi diri terhadap Minat Berwirausaha dengan nilai signifikansi sebesar 0,024 < 0,05, dan nilai koefisien sebesar 0,718; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha dengan nilai signifikansi sebesar 0,020 < 0,05 dan nilai koefisien sebesar 0,598; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang dengan nilai (sig) yang diperoleh sebesar 0,005 < 0,05. Sumbangan efektif efikasi diri dan pembelajaran kewirausahaan sebesar 25,5% yang mempengaruhi Minat Berwirausaha. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada 75,4% variabel-variabel lain yang mempengaruhi minat berwirausaha yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/