FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PUJASERA KEBON ROJO KABUPATEN JOMBANG

FANTIA YUSNITA AYU

Abstract


Pendapatan pedagang kaki lima adalah sesuatu yang diterima atas hasil berdagang yang telah dikerjakan para pedagang. Pendapatan yang diterima para pedagang kaki limaberbeda-bedaantara pedagang satu dengan pedagang yang lain karena modal, jam kerja dan lama usaha setiap pedagang berbeda beda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah modal, lama usaha dan jam kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh modal terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Pujasera Kebon rojo Kabupaten Jombang, (2) pengaruh lama usaha terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Pujasera Kebon Rojo Kabupaten Jombang, dan (3) pengaruh jam kerja terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Pujasera Kebon Rojo Kabupaten Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket, observasi dan wawancara. Populasi yang diambil adalah 32 responden pedagang kaki lima di Pujasera Kebon Rojo Kabupaten Jombang. Motode yang di gunakan untuk analisis data adalah menggunakan (1) regresi linier berganda, dalam regresi linier berganda menggunakan tiga hipotesis yaitu uji-t, uji-f dan uji determinasi, (2) uji asumsi klasik, dalam uji asumsi klasik peneliti menggunakan tiga uji yaitu uji normalitas, uji multikoliniearitas dan uji heteroskedastisitas.
Hasil analisis regresi linier berganda modal berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Pujasera Kebon Rojo kabupaten Jombang. Lama usaha berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Pujasera Kebon Rojo Kabupaten Jombang. Jam kerja berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Pujasera Kebon Rojo Kabupaten Jombang. Pengaruh modal, lama usaha dan jam kerja terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Pujasera Kebon Rojo Kabupaten Jombang sebesar 38,8% dan sisanya 61,2% di pengaruhi oleh faktor lain atau variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Faktor yang dominan mempengeruhi pendapatan pedagang kaki lima di Pujasera Kebon Rojo Kabupaten Jombang adalah faktor lama usaha.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara simultan dan parsial modal, lama usaha dan jam kerja berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Pujasera Kebon rojo kabupaten Jombang. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya para pedagang di Pujasera Kebon Rojo menambahkan modal agar bisa menambah komoditas barang yang dijual.selain itu, sebaiknya para pedagang pujasera Kebon Rojo dapat memanfaatkan waktu meskipun disaat pandemi covid-19 dengan cara berjualan online ataupun di rumah sehingga pendapatan tidak mengalami penurunan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/