PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI JOMBANG

OLIVIA DWI RIZKA NUR WAHIDAH

Abstract


Saat ini masyarakat di seluruh dunia dituntut untuk melakukan aktivitas
secara cepat dan menghindari kerumunan dalam berbagai kegiatan. Hal ini
dikarenakan adanya wabah Covid-19. Mengenai hal tersebut juga berdampak pada sektor pendidikan yang proses belajar mengajar harus dilaksanakan melalui
pembelajaran daring (dalam jaringan) sebagai upaya menghindari kerumunan.
sehingga meminimalisir adanya penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap keberhasilan
pembelajaran daring pada mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP PGRI Jombang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto
yaitu penelitian yang dilakukan setelah suatu kejadian itu terjadi dan melihat
faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik
pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dari motivasi belajar terhadap keberhasilan pembelajaran daring berupa prestasi belajar selama pembelajaran daring, di lihat dari hasil koefisien sebesar – 0,056 dengan signifikan sebesar 0,572 > 0,05. Terdapat pengaruh positif dari kemandirian belajar terhadap keberhasilan pembelajaran daring berupa prestasi belajar selama pembelajaran daring, dilihat dari koefisien sebesar 0,189 dengan signifikan 0,097 > 0,05. Koefisien determinasi sebesar 0,055 atau 5,5% sedangkan 94,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan kemandirian belajar memiliki pengaruh yang rendah terhadap keberhasilan pembelajaran daring berupa prestasi belajar selama pembelajaran daring.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/