STRATEGI KEBIJAKAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ELPIJI 3 KG

Suryo Laksono Prayogi

Abstract


Tingkat persaingan yang semakin tinggi terutama di bidang perdagangan kebutuhan pokok seperti elpiji 3 kg membuat penjual elpiji 3 kg harus memutar otak demi keberlanjutan usaha yang mereka miliki. UD. Lancar Barokah sebagai salah satu penjual elpiji 3 kg yang memberikan harga dan kualitas pelayanan yang berbeda dengan pesaingnya, agar mendapat loyalitas para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan elpiji 3 kg di UD. Lancar Barokah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik kuantitatif  dengan teknik analisis uji regresi linier berganda yang meliputi uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2) yang diuji menggunakan aplikasi SPSS 22 for windows. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan kuisioner, sedangkan jumlah sampel yang digunakan adalah 62 responden dari total populasi 124 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai signifikansi uji t variabel harga yakni < 0,05 yaitu sebesar 0,029. Sedangkan nilai signifikansi uji t variabel kualitas pelayanan yakni < 0,05 yaitu sebesar 0,000. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan dibandingkan dengan harga.

Kata Kunci : harga, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/