PENGARUH BRAND TRUST DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Pengguna Smartphone Samsung di STKIP PGRI Jombang)

Elly Lutfianah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh brand trust terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di STKIP PGRI Jombang. (2) pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di STKIP PGRI Jombang. (3) pengaruh brand trust dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di STKIP PGRI Kabupaten Jombang

Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung di STKIP PGRI Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling, sehingga di peroleh jumlah sampel sebanyak 97 orang. Teknik pengumpilan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas nya. Teknik analisis data yang di gunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil data persamaan analisis regresi di peroleh hasil regresi di peroleh hasil sebagai berikut  Y =  -21,791 + 0,876 + 0,578 .

Hasil penelitian secara parsial untuk variabel brand trust menggunakan uji t di peroleh nilai thitung sebesar 3,754 dengan sig. (0,00 < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara brand trust terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t untuk brand image di peroleh nilai thitung sebesar 2,678 dengan sig (0,009 < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara brand image terhadap keputusan pembelian. Hasil uji simultan di di peroleh nilai Fhitung sebesar 176,074 dengan sig (0,000 < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara brand trust dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di STKIP PGRI Jombang. Dalam penelitian ini hasil analisis R2 di peroleh 0,785  yang berarti presentase pengaruh brand trust dan brand image terhadap keputusan pembelian sebesar 78,5 % dan sisanya sebesar 21,5 % di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti.

Kata kunci : Brand Trust, Brand Image, Keputusan Pembelian. 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/