PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS LAPORAN PERJALANAN BERBENTUK PARAGRAF SISWA KELAS VIII SMP KHOIRIYAH SUMOBITO JOMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016

DEASY PUTRI APRELIANI

Abstract


ABSTRAK

Apreliani. Deasy Putri. 2015.  Pengaruh  Model Pembelajaran Kooperatif  (Cooperative Learning) Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Menulis Laporan Perjalanan Berbentuk Paragraf Siswa Kelas VIII SMP Khoiriyah Sumobito Jombang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi STKIP PGRI Jombang. Dosen pembimbing :

Dra. Midaudah, M.Pd

Kata kunci : Menulis Laporan Perjalanan  dan Model kooperatif tipe STAD.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran menulis laporan perjalanan yang dilakukan di SMP Khoiriyah Sumobito yang belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tanpa adanya model pembelajaran siswa akan merasa bosan dalam memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar  Menulis Laporan perjalanan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penlitian kuantitatif, sedangkan metode penelitian ini adalah metode deskriptif  desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest - Post tes Disign. Dengan populasi 128 siswa Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik sampel random. dalam penelitian ini jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalalm penelitian ini antara lain: (1) Dilakukan tes awal (pretest), (2) Lembar kerja siswa dikumpulkan, (3)Dilaksanakan pembelajaran menulis Laporan Perjalanan dengan menerapkan  STAD, (4) Dilaksanakan tes akhir (posttest). (5) Lembaran kerja hasil posstest siswa dikumpul.

Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis Laporan Perjalnan siswa kelas VIII-A SMP Khoiriyah Sumobito. Secara statistik menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau (12,64 > 2,03011), maka Ho ditolak, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) dapat mempengarui hasil belajar siswa dalam menulis Laporan Perjalanan.


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/