PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR PJOK SISWA SMP NEGERI NGUSIKAN
Abstract
Perbedaan indikator pola asuh demokratis dalam mengasuh anak dapat menentukan kedisiplinan dan hasil belajar. Terdapat 5 indikator pola asuh demokratis diantaranya adalah bimbingan, musyawarah, komunikasi, penghargaan, dan pengarahan. Tetapi diantara kelima indikator pola asuh demokratis belum diketahui mana yang dapat
mempengaruhi kedisiplinan dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap kedisiplinan dan hasil belajar PJOK siswa SMP Negeri Ngusikan. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex post facto untuk menunjukkan bahwa variabel bebas itu telah terjadi sebelumnya dan tidak dimanipulasi oleh peneliti. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas yaitu pola asuh
demokratis dan variabel terikatnya yaitu kedisiplinan dan hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 182 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pola asuh demokratis dan kedisiplinan yang di isi melalui media google form. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Manova (Multivariate Analysis of
Variance) melalui program SPSS terdapat tidak ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis terhadap kedisiplinan dan hasil belajar PJOK siswa dengan nilai signifikan 0,447 dan 0,549 atau > 0,05. Akan tetapi dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi memiliki pengaruh besar terhadap kedisiplinan dan
hasil belajar, kemudian di ikuti dengan musyawarah, penghargaan, pengarahan dan yang terakhir bimbingan.
Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis, Kedisiplinan, Hasil Belajar PJOK
mempengaruhi kedisiplinan dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap kedisiplinan dan hasil belajar PJOK siswa SMP Negeri Ngusikan. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex post facto untuk menunjukkan bahwa variabel bebas itu telah terjadi sebelumnya dan tidak dimanipulasi oleh peneliti. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas yaitu pola asuh
demokratis dan variabel terikatnya yaitu kedisiplinan dan hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 182 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pola asuh demokratis dan kedisiplinan yang di isi melalui media google form. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Manova (Multivariate Analysis of
Variance) melalui program SPSS terdapat tidak ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis terhadap kedisiplinan dan hasil belajar PJOK siswa dengan nilai signifikan 0,447 dan 0,549 atau > 0,05. Akan tetapi dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi memiliki pengaruh besar terhadap kedisiplinan dan
hasil belajar, kemudian di ikuti dengan musyawarah, penghargaan, pengarahan dan yang terakhir bimbingan.
Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis, Kedisiplinan, Hasil Belajar PJOK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/