PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR PJOK SISWA SMP NEGERI NGUSIKAN

Perpustakaan STKIP

Abstract


Perbedaan  indikator  pola  asuh  demokratis  dalam  mengasuh  anak  dapat menentukan kedisiplinan dan hasil belajar. Terdapat 5  indikator pola  asuh demokratis diantaranya adalah bimbingan, musyawarah, komunikasi, penghargaan, dan pengarahan. Tetapi diantara kelima indikator pola asuh demokratis belum diketahui mana yang dapat
mempengaruhi kedisiplinan dan hasil belajar. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  pola  asuh  demokratis terhadap kedisiplinan dan hasil belajar PJOK siswa SMP Negeri Ngusikan. Berdasarkan jenisnya,  penelitian  ini merupakan  penelitian  kuantitatif  dengan metode Ex post  facto untuk  menunjukkan  bahwa  variabel  bebas  itu  telah  terjadi  sebelumnya  dan  tidak dimanipulasi oleh peneliti. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas yaitu pola asuh
demokratis dan variabel  terikatnya  yaitu kedisiplinan dan hasil belajar. Sampel dalam penelitian  ini  berjumlah  182  siswa.  Pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini menggunakan angket pola asuh demokratis dan kedisiplinan yang di  isi melalui media google form.  Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Manova  (Multivariate Analysis of
Variance) melalui  program  SPSS  terdapat  tidak  ada  pengaruh  yang  signifikan  antara pola asuh demokratis  terhadap kedisiplinan dan hasil belajar PJOK siswa dengan nilai signifikan  0,447  dan  0,549  atau  >  0,05.  Akan  tetapi  dari  hasil  yang  diperoleh menunjukkan  bahwa  komunikasi memiliki  pengaruh  besar  terhadap  kedisiplinan  dan
hasil  belajar,  kemudian  di  ikuti  dengan  musyawarah,  penghargaan,  pengarahan  dan yang terakhir bimbingan.  
 
Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis, Kedisiplinan, Hasil Belajar PJOK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/