SURVEI MOTIVASI BELAJAR DI RUMAH MATERI PENDIDIKAN JASMANI SELAMA PANDEMI COVID PADA SISWA SMA PGRI 1 JOMBANG
Abstract
Kurniawan, Bagus. 2021. Survei Motivasi Belajar Di Rumah Materi Pendidikan Jasmani Selama Pandemi Covid Pada Siswa SMA
PGRI 1 Jombang. Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang. Basuki, S Or., M.Pd.
Kata Kunci : Survei, Motivasi Belajar, Pembelajaran Di Rumah.
Pada penelitian ini peneliti terdorong untuk meneliti survei motivasi
belajar dan materi pendidikan jasmani untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMA PGRI 1 Jombang. Pada penelitian ini peneliti hanya ingin mengetahui kategori motivasi belajar dari siswa saat pandemi covid caranya menyebar angket kepada responden. Alasan mengapa peneliti mengambil sampel pada sekolah ini adalah karena berdasarkan observasi yang dilakukan pada guru mata pelajaran di sekolah tersebut motivasi belajar siswa disaat belajar dirumah harus belajar secara daring yang kurang efisien bagi guru untuk mengawasi siswa pada saat belajar online. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian survei, metode survei adalah penelitian yang sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari responden sebagai sampel penelitian dengan menggunakan kuesioner atau angket
sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA PGRI yang terdiri dari kelas X, XI, XII jurusan IPA dan IPS masing-masing kelas berjumlah 30 siswa dan total keseluruhannya seluruh 450 siswa. Dan Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa SMA PGRI yang terdiri dari dua kelas X, dua kelas XI, dua kelas XII jurusan IPA dan IPS masing-masing
kelas berjumlah 30 siswa dan total keseluruhannya seluruh 450 siswa
Teknik pengumpulan data mengambil data dengan angket berupa
kuesioner. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,777 ataupun reliable, dan berdasarkan analisis kategori menunjukkan bahwa sebanyak 15 siswa berada pada kategori tinggi dengan prosentase 3,33%, selanjutnya sebanyak 119 siswa berada pada kategori sedang dengan prosentase 26,44% ,selanjutnya sebanyak 16 siswa berada pada kategori rendah dengan prosentase 3,55% dan 300 siswa berada pada
kategori sangat rendah dengan prosentase 66,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecenderungan motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat rendah yaitu sebanyak 300 siswa dari
jumlah siswa 450 siswa. Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah untuk lebih fokus terhadap motivasi siswa tanpa mengurangi materi yang diberikan, untuk pihak keluarga juga membantu memberikan motivasi anak tersebut agar tidak malas dalam melakukan pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/