SURVEI MINAT BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI MASA PANDEMI SISWA KELAS XI APHP SMK NEGERI KUDU
Abstract
Mardiana, Reka Dwi. 2020. Survei Minat Belajar Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Siswa Kelas XI APHP SMK Negeri Kudu. Program Studi Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang. Zoki Achmed, M.Pd
Kata Kunci : Survei, Minat Belajar.
Minat sangat berpengaruh terhadap ketertarikan yang muncul dari
dalam diri siswa. Minat merupakan kecenderungann dan minat yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Dengan adanya minat atau ketertarikan yang lebih akan berpengaruh pada apa yang menjadi ketertarikan siswa serta mampu meningkatkan kemampuan. Kemampuan pemahaman yang tinggi akan membantu siswa meningkatkan kemampuan menanggapi serta meresapi sesuatu.
Pada penelitian ini peneliti hanya ingin mengetahui kategori minat
belajar mata pelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi pada siswa SMK caranya menyebar angket kepada responden. Teknik pengumpulan data mengambil data dengan angket berupa kuesioner. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,799 ataupun reliable, dan berdasarkan analisis kategori menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa berada pada kategori tinggi dengan prosentase 19%, selanjutnya sebanyak 74 siswa berada pada kategori sedang dengan prosentase 70,5% dan sebanyak 11 siswa berada pada kategori rendah dengan prosentase 10,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecenderungan minat belajar siswa berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 74 siswa dari jumlah sampel yang berjumlah 105 siswa.
Kata Kunci : Survei, Minat Belajar.
Minat sangat berpengaruh terhadap ketertarikan yang muncul dari
dalam diri siswa. Minat merupakan kecenderungann dan minat yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Dengan adanya minat atau ketertarikan yang lebih akan berpengaruh pada apa yang menjadi ketertarikan siswa serta mampu meningkatkan kemampuan. Kemampuan pemahaman yang tinggi akan membantu siswa meningkatkan kemampuan menanggapi serta meresapi sesuatu.
Pada penelitian ini peneliti hanya ingin mengetahui kategori minat
belajar mata pelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi pada siswa SMK caranya menyebar angket kepada responden. Teknik pengumpulan data mengambil data dengan angket berupa kuesioner. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,799 ataupun reliable, dan berdasarkan analisis kategori menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa berada pada kategori tinggi dengan prosentase 19%, selanjutnya sebanyak 74 siswa berada pada kategori sedang dengan prosentase 70,5% dan sebanyak 11 siswa berada pada kategori rendah dengan prosentase 10,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecenderungan minat belajar siswa berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 74 siswa dari jumlah sampel yang berjumlah 105 siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/