IDIOMATIK DALAM NOVEL BLAKANIS KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO

Perpustakaan STKIP

Abstract


Permatasari,  Intan,  2018.  Idiomatik  Dalam  Novel  Blakanis  Karya  Arswendo  Atmowiloto.
Dosen pembimbing: Endah Sari. M.Pd.
 
Kata kunci: semantik, makna, jenis makna, idiomatik
 
Penelitian  dengan  judul  Idiomatik  dalam  Novel  Blakanis  Karya  Arswendo Atmowiloto. Permasalahan yang diangkat oleh peneliti adalah bagaimana bentuk dan makna idiom  yang  ada  pada  novel  Blakanis  karya  Arswendo  Atmowiloto.  Tujuan  penelitian  ini adalah mengetahui bentuk dan makna  idiom yang ada pada novel Blakanis karya Arswendo
Atmowiloto. Teori yang digunakan untuk menjawab focus permasalahan dalam penelitian ini adalah teori idiom dalam kajian ilmu semantik.
Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  deskriptif kualitatif,  dimana  peneliti  akan mendeskripsikan  bentuk  dan makna  idiom  yang  ada  dalam novel  Blakanis  karya  Arswendo  Atmowiloto.  Dalam  mendeskripsikan  data,  peneliti
menggunakan  table  instrumen.  Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini mempunyai langkah  sebagai  berikut:  (1)  Observasi,  (2)  Penentuan  Objek,  (3)  Identifikasi  Data,  (4) Pengkodean Data.
Hasil  penelitian  yang  berjudul  Idiomatik  dalam  novel  Blakanis  Karya  Arswendo Atmowiloto,  peneliti  menemukan  bentuk  idiom  dalam  novel  Blakanis  lebih  banyak mengandung  bentuk  idiom  penuh  yang  bersangkutan  penuh  pada  nama  binatang,  bagain tumbuh-tumbuhan dan kata bilangan,. Sedangkan bentuk idiom sebagian yang terdapat dalam novel Blakanis   erat  kaitannya  dengan  bagian  tubuh,  dan benda-  benda  alam. Peneliti  juga menjabarkan  makna  idiom  yang  terkandung  dalam  novel  Blakanis  karya  Arswendo Atmowiloto.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/