PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERIIADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK 10 NOPEMBER JOMBANG TAHUN AJARAN 2OI8I2O19

Perpustakaan STKIP

Abstract


Matematika memiliki peranan  yang  sangat  penting  dalam dunia pendidikan,  karelu erat kaitannl'a dengart pengaplikasian matematika. Melihat  pentingnya matematika,  rnaka perlu diajarkan mulai dari sekolah dasar sampai pelguluan  tinggi. Dengan belajar  rnate,ratik^a siswa dapat berfikir logis, praktis. dan dinamis. Maka cliperlukan  suatu model pembelajaran yang sesuai agar siswa dapat berfikir  lo-uis, plaktis. dan dinamis sehingga  tnampu menS'elesaikan  berbagai masalair dalam kehidupan  sehari-hari.  Peneliti memilih model pernbelajaran  kooperatif  tipe Group  Investigutiorz (GI). Tujuan dari peneiitian  ini adalah untuk mensetahui ada atau tidaknya pengaruh rnodei  pembelajaran  kooperatif  tipe Grrxryt Investigation  (GI)  terhadap  liasil belajar matematika  siswa kelas X SMK 10 Nopember Jombang.. Berdasalkan analisis dari hasil penelitian dengan menggunakan  uji-t diperoleh perhitungan  niiai sig kelas eksperimen  (kelas X TKJ) sebesar 0.019  sedangkan  ,ilai u adalah
0.05 sehingga hal  tersebut  trengakibatkan  S:o* {  n dan menl.ebabkan  ditolaknl,a H". clan diterimanya H1. Berclasarkan  analisis  tersebr:t artin,va  acia perbedaan  hasil belajar mateniatil,a sisu'a atltara sebelttm dan sesudah  di beri perlakuan  dengan model pembeiajaran  kooperatif
tipe GI pad:r malcrj Persantaan dan Fungsi Kuadrrtt  irada kelas X SI\4K 10 Nopernb;r Jombang  tahun a.ialan 2018/2019.  dapat disimpulkan  acla pengaruh model pernbela.jarap kooperatif  tipe GI terhadap hasil belajar matematika  sisrva kelas X SMK  l0 Nopember Jombang  tahun ajar:an 2018/20I9.
Kata  kunci: Nzlodel Pembelajaran  Group Investigatiozz.  Hasil Belajar Maternatika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/