HUBUNGAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DARING DENGAN HASIL BELAJAR PJOK SELAMA PANDEMI COVID-19

Perpustakaan STKIP

Abstract


Beberapa  faktor  yang  dapat  mempengaruhi  hasil  belajar  ialah  kualitas pembelajaran  dan minat  belajar.  Selama masa  pandemi Covid-19  sistem  belajar mengajar  mengalami  perubahan,  yaitu  tidak  ada  pembelajaran  tatap  muka  atau disebut belajar dari rumah  (BDR) dan berlakunya pembelajaran  (online). Hal  ini diketahui dari wawancara dengan guru   kelas VIII SMP Negeri Bareng diketahui minat belajar yang dan  hasil belajar yang rendah. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) untuk  mengetahui  hubungan  kualitas  dengan  hasil  belajar  PJOK  peserta  didik kelas VIII  SMP  selama  masa  pandemi  Covid-19,  (2)  untuk  mengetahui  minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelasVIII SMP selama masa pandemi, (3) untuk mengetahui hubungan kualitas dan minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelasVIII SMP selama masa pandemi.  Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 285 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah  sampel 156 peserta didik dengan cara  cluster  random  sampling. Metode  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini
menggunakan  wawancara,  dokumentasi  dan  angket.  Teknik  analisis  penelitian menggunakan korelasi person dan korelasi ganda.  Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) tidak ada hubungan antara kualitas
pembelajaran dengan hasil belajar PJOK  selama pandemi Covid-19 dengan nilai rhitung  -0,148  <  rtabel  0.1572  nilai  signifikan  sebesar  0,06  >  0,05,  (2)  tidak  ada hubungan minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK selama pandemi Covid-19 dengan nilai rhitung 0.107 < rtabel 0.1572 nilai signifikan sebesar 0,184 > 0,05, (3) tidak ada hubungan kualitas dan minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK
peserta didik kelasVIII SMP selama masa pandemi Covid-19 dengan nilai rhitung  -0,145 < rtabel 0.1572 nilai signifikan sebesar 0,92 > 0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara kualitas pembelajaran dan minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bareng selama pandemi Covid-19. Saran bagi guru agar mampu meningkatan kualitas pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran sehingga juga dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik.

Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar
Pendidikan Jasmani


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/