HUBUNGAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DARING DENGAN HASIL BELAJAR PJOK SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar ialah kualitas pembelajaran dan minat belajar. Selama masa pandemi Covid-19 sistem belajar mengajar mengalami perubahan, yaitu tidak ada pembelajaran tatap muka atau disebut belajar dari rumah (BDR) dan berlakunya pembelajaran (online). Hal ini diketahui dari wawancara dengan guru kelas VIII SMP Negeri Bareng diketahui minat belajar yang dan hasil belajar yang rendah. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui hubungan kualitas dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII SMP selama masa pandemi Covid-19, (2) untuk mengetahui minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelasVIII SMP selama masa pandemi, (3) untuk mengetahui hubungan kualitas dan minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelasVIII SMP selama masa pandemi. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 285 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah sampel 156 peserta didik dengan cara cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis penelitian menggunakan korelasi person dan korelasi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) tidak ada hubungan antara kualitas
pembelajaran dengan hasil belajar PJOK selama pandemi Covid-19 dengan nilai rhitung -0,148 < rtabel 0.1572 nilai signifikan sebesar 0,06 > 0,05, (2) tidak ada hubungan minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK selama pandemi Covid-19 dengan nilai rhitung 0.107 < rtabel 0.1572 nilai signifikan sebesar 0,184 > 0,05, (3) tidak ada hubungan kualitas dan minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK
peserta didik kelasVIII SMP selama masa pandemi Covid-19 dengan nilai rhitung -0,145 < rtabel 0.1572 nilai signifikan sebesar 0,92 > 0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara kualitas pembelajaran dan minat belajar daring dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bareng selama pandemi Covid-19. Saran bagi guru agar mampu meningkatan kualitas pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran sehingga juga dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik.
Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar
Pendidikan Jasmani
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/