PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS V SDN SEMBUNG PERAK JOMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Perpustakaan STKIP

Abstract


Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  adanya  permasalahan  yaitu  rendahnya  kemampuan keterampilan  bermain  drama  siswa  kelas  V  SDN  Sembung  Perak  Jombang.  Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain drama pada siswa kelas V SDN Sembung Perak  Jombang  menggunakan  metode  role  playing  berbantu  media  audiovisual.  Metode pembelajaran  role playing merupakan bagian dari  strategi pembelajaran aktif  yang bertujuan
untuk mengaktifkan peran siswa dalam proses pembelajaran.

Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga  siklus.  Setiap  siklus  terdiri  dari  empat  tahap  yaitu:  (1) perencanaan,  (2) pelaksanaan,  (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan bermain drama untuk aspek lafal dan intonasi. Aspek lafal nilai rata-ratanya  79.16,  dan  aspek  intonasi  nilai  rata-ratanya  71.66.  Pada  siklus  II  menunjukkan peningkatan  bermain  drama  untuk  aspek  lafal,  intonasi,  dan  ekspresi.  Aspek  lafal  nilai  rata-ratanya 82.08, aspek intonasi nilai rata-ratanya 77.08 dan aspek ekspresi nilai rata-ratanya 74.58. Pada akhir siklus  III menunjukkan peningkatan keterampilan bermain drama untuk aspek  lafal, intonasi, ekspresi, gerak dan pengahayatan. Aspek lafal nilai rata-ratanya 92.08, aspek intonasi nilai rata-ratanya 88.33, aspek ekspresi nilai rata-ratanya 89.16, aspek gerak nilai rata-ratanya 90 dengan  dan  aspek  penghayatan  nilai  rata-ratanya  89.58.  Dengan  demikian  bahwa  melalui metode  pembelajaran  role  playing  berbantu  media  audiovisual  dapat  meningkatkan keterampilan  bermain  drama  siswa  kelas  V  SDN  Sembung  Perak  Jombang  tahun  ajaran 2021/2022.

Kata kunci: bermain drama, metode role playing, audiovisual


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/