ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS VI SDN PLANDI I TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Perpustakaan STKIP

Abstract


tingkatan  SD  hingga  SMA,  karena  dengan  belajar matematika  siswa  akan  terbiasa  untuk  berpikir kritis,  sistematis,  logis dan  kreatif. Dalam proses belajar matematika memerlukan  tahap-tahap  yang sudah  terencana  berdasarkan  pengetahuan  yang  didapat  sebelumnya  yang  menjadi  dasar  untuk mempelajari materi  selanjutnya,  apabila  siswa kurang memahami dan menguasai hal  tersebut maka akan  berakibat  munculnya  kesulitan  belajar.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan kesulitan  belajar  matematika  yang  berkemampuan  matematika  tinggi,  sedang,  dan  rendah  dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian  ini merupakan  penelitian  deskriptif  kualitatif.  Subjek  penelitian  ini  adalah  siswa kelas VI  SD Negeri Plandi  I Jombang  sebanyak  3  siswa,  dengan  kategori  kemampuan matematika
tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode tes dan wawancara. Pengecekan  keabsahan data penelitian dilakukan dengan  triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil  penelitian  ini mengungkapkan  bahwa  dengan  indikator  kesulitan  belajar matematika dalam menyelesaikan soal matematika yaitu siswa salah dalam memahami apa yang dimaksud dalam soal dan menyajikan informasi yang diketahui dalam soal, salah dalam menentukan dan menggunakan rumus yang benar dalam menyelesaikan soal, dan salah dalam Langkah-langkah operasi perhitungan. Kesulitan  belajar  matematika  siswa  yang  berkemampuan  matematika  tinggi  dalam  menyelesaikan soal  dapat  memahami,  mengidentifikasi  informasi  yang  ada  dalam  soal  secara  benar,  akan  tetapi subjek  tidak  hafal  dan  salah  dalam menentukan  rumus  yang  digunakan  dalam menyelesaikan  soal, sedangkan  pada  perhitungan  siswa berkemampuan matematika  tinggi  dapat melakukan  perhitungan dengan benar akan tetapi karena siswa dari awal salah dalam menentukan rumus maka jawaban siswa pada  soal  yang  dikerjakan menjadi  salah. Kesulitan  belajar matematika  siswa  yang  berkemampuan matematika  sedang  dalam  menyelesaikan  soal  salah  dalam memahami,  menyajikan  dan mengidentifikasi  informasi  yang  ada  dalam  soal,  akan  tetapi  siswa  dapat menentukan  rumus  yang
tepat untuk menyelesaikan soal, karena diawal subjek tidak paham dengan maksud soal sehingga pada jawaban  akhir  siswa  menjadi  salah.  Kesulitan  belajar  matematika  siswa  yang  berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal yaitu siswa sulit untuk memahami maksud dari soal dan tidak dapat menyajikan informasi yang ada pada soal dengan benar dan juga siswa tidak hafal rumus dari soal yang berakibat pada hasil akhir jawaban subjek dalam menyelesaikan soal.  
Kata Kunci; Kesulitan Belajar Matematika, Menyelesaikan Soal Matematika, Materi Volume Balok, Kemampuan Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/