ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS VI SDN PLANDI I TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
tingkatan SD hingga SMA, karena dengan belajar matematika siswa akan terbiasa untuk berpikir kritis, sistematis, logis dan kreatif. Dalam proses belajar matematika memerlukan tahap-tahap yang sudah terencana berdasarkan pengetahuan yang didapat sebelumnya yang menjadi dasar untuk mempelajari materi selanjutnya, apabila siswa kurang memahami dan menguasai hal tersebut maka akan berakibat munculnya kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Plandi I Jombang sebanyak 3 siswa, dengan kategori kemampuan matematika
tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode tes dan wawancara. Pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan indikator kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal matematika yaitu siswa salah dalam memahami apa yang dimaksud dalam soal dan menyajikan informasi yang diketahui dalam soal, salah dalam menentukan dan menggunakan rumus yang benar dalam menyelesaikan soal, dan salah dalam Langkah-langkah operasi perhitungan. Kesulitan belajar matematika siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal dapat memahami, mengidentifikasi informasi yang ada dalam soal secara benar, akan tetapi subjek tidak hafal dan salah dalam menentukan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal, sedangkan pada perhitungan siswa berkemampuan matematika tinggi dapat melakukan perhitungan dengan benar akan tetapi karena siswa dari awal salah dalam menentukan rumus maka jawaban siswa pada soal yang dikerjakan menjadi salah. Kesulitan belajar matematika siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal salah dalam memahami, menyajikan dan mengidentifikasi informasi yang ada dalam soal, akan tetapi siswa dapat menentukan rumus yang
tepat untuk menyelesaikan soal, karena diawal subjek tidak paham dengan maksud soal sehingga pada jawaban akhir siswa menjadi salah. Kesulitan belajar matematika siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal yaitu siswa sulit untuk memahami maksud dari soal dan tidak dapat menyajikan informasi yang ada pada soal dengan benar dan juga siswa tidak hafal rumus dari soal yang berakibat pada hasil akhir jawaban subjek dalam menyelesaikan soal.
Kata Kunci; Kesulitan Belajar Matematika, Menyelesaikan Soal Matematika, Materi Volume Balok, Kemampuan Matematika
tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode tes dan wawancara. Pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan indikator kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal matematika yaitu siswa salah dalam memahami apa yang dimaksud dalam soal dan menyajikan informasi yang diketahui dalam soal, salah dalam menentukan dan menggunakan rumus yang benar dalam menyelesaikan soal, dan salah dalam Langkah-langkah operasi perhitungan. Kesulitan belajar matematika siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal dapat memahami, mengidentifikasi informasi yang ada dalam soal secara benar, akan tetapi subjek tidak hafal dan salah dalam menentukan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal, sedangkan pada perhitungan siswa berkemampuan matematika tinggi dapat melakukan perhitungan dengan benar akan tetapi karena siswa dari awal salah dalam menentukan rumus maka jawaban siswa pada soal yang dikerjakan menjadi salah. Kesulitan belajar matematika siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal salah dalam memahami, menyajikan dan mengidentifikasi informasi yang ada dalam soal, akan tetapi siswa dapat menentukan rumus yang
tepat untuk menyelesaikan soal, karena diawal subjek tidak paham dengan maksud soal sehingga pada jawaban akhir siswa menjadi salah. Kesulitan belajar matematika siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal yaitu siswa sulit untuk memahami maksud dari soal dan tidak dapat menyajikan informasi yang ada pada soal dengan benar dan juga siswa tidak hafal rumus dari soal yang berakibat pada hasil akhir jawaban subjek dalam menyelesaikan soal.
Kata Kunci; Kesulitan Belajar Matematika, Menyelesaikan Soal Matematika, Materi Volume Balok, Kemampuan Matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/