ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 MEGALUH

Perpustakaan STKIP

Abstract


Pemecahan  masalah  adalah  proses  individu  untuk  mencari  jalan
keluar  dari  masalah  yang  dihadapi  dengan  menggunakan  pengetahuan serta  keterampilan  yang  dimiliki  untuk  diterapkan  dalam  memecahkan masalah.  Penelitian  ini  bertujuan  mendeskripsikan  kemampuan  siswa dalam  memecahkan  masalah  open  ended  berdasarkan  langkah-langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian  ini  adalah  3  siswa  dari  masing-masing  siswa  yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, rendah.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  ketiga  siswa  memenuhi indikator  memahami  masalah  dan  merencanakan  suatu  penyelesaian dengan  tepat.  Pada  langkah  melaksanakan  rencana  penyelesaian  siswa berkemampuan  matematika  tinggi  dapat  melaksanakan  penyelesaian dengan  tepat,  sedangkan  siswa  berkemampuan  matematika  sedang  dan
rendah  kurang  teliti  dalam melaksanakan  penyelesaian. Hasil  akhir  yang diperoleh  siswa  berkemampuan  matematika  tinggi  dapat  menemukan  3 jawaban  benar,  siswa  berkemampuan matematika  sedang menemukan  2 jawaban  benar  sedangkan  siswa  berkemampuan  matematika  rendah menemukan  1  jawaban  yang  benar.  Pada  langkah  memeriksa  kembali hanya  siswa  berkemampuan  matematika  tinggi  yang  melakukan pengecekan kembali jawabanya
 
Kata kunci : Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Matematika,
Langkah- Langkah Polya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/