ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 MEGALUH
Abstract
Pemecahan masalah adalah proses individu untuk mencari jalan
keluar dari masalah yang dihadapi dengan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki untuk diterapkan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah open ended berdasarkan langkah-langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 siswa dari masing-masing siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga siswa memenuhi indikator memahami masalah dan merencanakan suatu penyelesaian dengan tepat. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dapat melaksanakan penyelesaian dengan tepat, sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang dan
rendah kurang teliti dalam melaksanakan penyelesaian. Hasil akhir yang diperoleh siswa berkemampuan matematika tinggi dapat menemukan 3 jawaban benar, siswa berkemampuan matematika sedang menemukan 2 jawaban benar sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah menemukan 1 jawaban yang benar. Pada langkah memeriksa kembali hanya siswa berkemampuan matematika tinggi yang melakukan pengecekan kembali jawabanya
Kata kunci : Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Matematika,
Langkah- Langkah Polya.
keluar dari masalah yang dihadapi dengan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki untuk diterapkan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah open ended berdasarkan langkah-langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 siswa dari masing-masing siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga siswa memenuhi indikator memahami masalah dan merencanakan suatu penyelesaian dengan tepat. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dapat melaksanakan penyelesaian dengan tepat, sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang dan
rendah kurang teliti dalam melaksanakan penyelesaian. Hasil akhir yang diperoleh siswa berkemampuan matematika tinggi dapat menemukan 3 jawaban benar, siswa berkemampuan matematika sedang menemukan 2 jawaban benar sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah menemukan 1 jawaban yang benar. Pada langkah memeriksa kembali hanya siswa berkemampuan matematika tinggi yang melakukan pengecekan kembali jawabanya
Kata kunci : Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Matematika,
Langkah- Langkah Polya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/