Meningkatkan Hasil Belajar Matematika menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMK Negeri 3 Jombang
Abstract
Kesulitan memahami soal cerita dalam pembelajaran matematika bukan merupakan masalah yang baru. Oleh karena itu, upaya guru untuk memberikan penjelasan tentang materi yang berkaitan dengan pemecahan masalah perlu ada inovasi, diantaranya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi program linier setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 2 SMK Negeri 3 Jombang yang berjumlah 31 siswa. Data yang diambil yaitu aktivitas siswa dan nilai tes hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan lembar soal tes hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes di setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus diperoleh hasil penelitian bahwa prosentase aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah 54,51% pada siklus 1 menjadi 80% pada siklus 2. Prosentase hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara klasikal adalah 58% pada siklus 1 menjadi 81% pada siklus 2. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktitivas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/