PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN POWER POINT INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 6 JOMBANG TAHUN AJARAN 2018 — 2019

Perpustakaan STKIP

Abstract


Siswa SMP Negeri 6 kelas VIII G sekarang sangat mudah menyerah dan merasa tidak mampu tatkala mendapatkan tugas materi karya sastra menulis puisi, itu bisa dilihat ketika peneliti melakukan observasi dan melakukan prasiklus. Ada beberapa masalah yang mereka ungkapkan tatkala mendapat tugas menulis kreatif puisi yaitu kesulitan menemukan ide, kesulitan menemukan kata pertama yang akan ditulis, kesulitan untuk mengembangkan ide menjadi puisi karena minimnya perbendaharaan kata, belum adanya upaya strategi belajar dari guru yang mampu mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa untuk
mengekspresikan perasaannya secara leluasa, suasana hati dan pikiran pada sapelajaran yang kurang mendukung untuk menulis puisi serta sulitnya mengemukakan perasaan dan pemikiran serta imajinasinya ke dalam puisi yandisebabkan karena tidak terbiasa menulis puisi selaian itu juga kemampuan memahmi suatu karya sastra masih kurang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa di kelas VIII-G SMPN 6 Jombang melalui media pembelajaran Audio Visual dan Power Point Interaktif. Media pembelajaran Audio Visual dan Power Point Interaktif dipilih karena dapat memacu dan mendorong siswa untuk lebih aktif serta berani menyampaiakan ide atau gagasannya dalam kegiatan pembelajaran.  Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Alokasi waktu untuk setiap pertemuan 2 x 45 menit. Dalam pelaksanaannya, masing-masing siklus mengikuti tahap-tahap yang ada dalam penelitian tindakan kelas, yaitu tahap pertama perencanaan, tahap kedua implementasi tindakan, tahap ketiga pengamatan, dan tahap terakhir refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G SMPN 6 Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi pedoman wawancara, tes, dan observasi. Setalah guru menerapkan media audio visual dan power point interaktif, kemampuan menulis puisi peserta didik lebih meningkat, menjadi lebih aktif, dapat mengekspresikan pikiran, perasaan, pengalaman maupun imajinasinya. Hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 meningkat, dilihat dari hasil kemampuan menulis puisi pada siklus 1 sebesar 8 dari nilai rata-rata
peserta didik sebesar 57,3 menjadi 65,3. Tahap siklus 2 meningkat sebesar 11,6 dari 65,3 pada siklus 1 menjadi 77, 06 pada siklus 2. Kepada peserta didik hendaknya selalu berlatih menulis, khususnya menulis puisi dengan menggunakan media audio visual dan power point interaktif.  
 
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Media Audio Visual dan Power Point
Interaktif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/