PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MADINATUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Perpustakaan STKIP

Abstract


Masalah  yang  dihadapi  dalam  proses  pembelajaran  adalah  pembelajaran yang  masih  berpusat  pada  penjelasan  guru  secara  langsung,  sehingga menciptakan suasana yang kurang kondusif dan siswa cenderung pasif dan ramai sendiri,  sehingga  berpengaruh  pada  hasil  belajar  siswa.  Tujuan  penelitian  ini untuk mengetahui  peningkatan  aktivitas  guru,  aktivitas  siswa  dan  hasil  belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
Penelitian  ini  merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  yang
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Madinatul Ulum Tembelang Jombang. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus  II  terdiri  dari  2  pertemuan.  Instrumen  penelitian  yang  digunakan  adalah lembar  aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  lembar  tes.  Hasil  penelitian menunjukkan  aktivitas guru pada  siklus  I  yaitu 62,5% pada  siklus  II mencapai 75%, akivitas siswa pada siklus I yaitu 60,98% pada siklus II mencapai 86,02%, dan ketuntasan hasil belajar  siswa  secara klasikal pada  siklus  I  sebesar 60,18% pada siklus II mencapai 78,97%.
 
Kata Kunci: Talking Stick, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/