PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MADINATUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran adalah pembelajaran yang masih berpusat pada penjelasan guru secara langsung, sehingga menciptakan suasana yang kurang kondusif dan siswa cenderung pasif dan ramai sendiri, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Madinatul Ulum Tembelang Jombang. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, aktivitas siswa, dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I yaitu 62,5% pada siklus II mencapai 75%, akivitas siswa pada siklus I yaitu 60,98% pada siklus II mencapai 86,02%, dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 60,18% pada siklus II mencapai 78,97%.
Kata Kunci: Talking Stick, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Madinatul Ulum Tembelang Jombang. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, aktivitas siswa, dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I yaitu 62,5% pada siklus II mencapai 75%, akivitas siswa pada siklus I yaitu 60,98% pada siklus II mencapai 86,02%, dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 60,18% pada siklus II mencapai 78,97%.
Kata Kunci: Talking Stick, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/