MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALY, AND REPETITION (AIR) BERBASIS LITERASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini memilki tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectualy, and Repetition (AIR) berbasis literasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik dan (2) mendeskripsikan respons peserta didik terhadap suatu model pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada materi statistika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMK Negeri 3 Jombang pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 16 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Purposive Sampling yang menghasilkan kelas XII TKJ 2 yang terpilih menjadi kelas sampel. Penelitian ini merupakan Pra-eksperimental (Pre-eksperimental design) dengan rancangan The One Group Design Pretest-Posttest design. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan pengisian angket, dengan instrumen berupa lembar soal tes dan lembar angket. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-T berbantuan SPSS dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Sedangkan data angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis skala likert. Hasil penelitian dari : (1) Data hasil belajar
peserta didik menunjukkan nilai sig(0,000) < � (0,05) maka H0 ditolak artinya ada perbedaan hasil belajar antara sebelum dengan sesudah diberikan model pembelajaran AIR berbasis literasi. (2) Data
respons peserta didik melalui angket termasuk dalam kategori “Kuat” dengan rata-rata perolehan persentasenya dari 36 responden adalah sebesar 76,81%. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan
bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectualy, and Repetition (AIR) berbasis literasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMK Negeri 3 Jombang tahun ajaran
2020//2021. (2) bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectualy, and Repetition (AIR) berbasis literasi baik untuk digunakan didalam pelaksanaan pembelajaran matematika.
Kata Kunci : Pembelajaran Auditory, Intelectualy, and Repetition (AIR), literasi, Hasil Belajar
Matematika, dan Respons.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/