MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALY, AND REPETITION (AIR) BERBASIS LITERASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Perpustakaan STKIP

Abstract


Penelitian  ini  memilki  tujuan  untuk  mengetahui:  (1)  pengaruh  model  pembelajaran  Auditory, Intelectualy, and Repetition (AIR) berbasis literasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik dan (2) mendeskripsikan respons peserta didik terhadap suatu model pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada materi statistika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMK Negeri 3 Jombang pada  tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 16 kelas. Pengambilan  sampel dilakukan dengan  teknik
Purposive Sampling yang menghasilkan kelas XII TKJ 2 yang terpilih menjadi kelas sampel. Penelitian ini  merupakan    Pra-eksperimental  (Pre-eksperimental  design)  dengan  rancangan  The  One  Group Design Pretest-Posttest design. Pengambilan data dilakukan dengan  tes dan pengisian angket, dengan instrumen  berupa  lembar  soal  tes  dan  lembar  angket.  Data  hasil  belajar  yang  diperoleh  dianalisis menggunakan  uji-T  berbantuan  SPSS  dengan  taraf  signifikansi  sebesar  5%.  Sedangkan  data  angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis skala likert. Hasil penelitian dari : (1) Data hasil belajar
peserta didik menunjukkan nilai  sig(0,000) <  � (0,05) maka H0 ditolak artinya ada perbedaan hasil belajar  antara  sebelum  dengan  sesudah diberikan model  pembelajaran AIR  berbasis  literasi.  (2) Data
respons  peserta  didik  melalui  angket  termasuk  dalam    kategori  “Kuat”  dengan  rata-rata  perolehan persentasenya  dari  36  responden  adalah  sebesar  76,81%.  Dari  analisis  tersebut  dapat  disimpulkan
bahwa  :  (1) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory,  Intelectualy, and Repetition  (AIR) berbasis literasi  terhadap  hasil  belajar  matematika  peserta  didik  di  SMK  Negeri  3  Jombang  tahun  ajaran
2020//2021.  (2)  bahwa  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  Auditory,  Intellectualy,  and  Repetition (AIR) berbasis literasi baik untuk digunakan didalam pelaksanaan pembelajaran matematika.

Kata  Kunci  :  Pembelajaran  Auditory,  Intelectualy,  and  Repetition  (AIR),  literasi,  Hasil  Belajar
Matematika, dan Respons.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/