PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PERCETAKAN UD. HARI JOMBANG

ERWIN SETIONO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada percetakan UD. HARI Jombang. . Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap UD. HARI Jombang sebanyak 30 orang responden. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Untuk variabel dependen (Y) dari peneliti ini adalah loyalitas pelanggan, untuk variabel independen (X) adalah kualitas produk dan harga. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y=8.837 + 0.119 X1 + 0.809 X2. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,706 artinya bahwa 72,6% variasi dari variabel loyalitas pelanggan dapt dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan harga. Sedangkan 27,4% lainnya dikontribusikan oleh variabel lainnya diluar variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji t. . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan positif antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, (2) ada pengaruh signifikan positif antara harga terhadap loyalitas pelanggan, (3) ada pengaruh signifikan positif antara kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan. pada tingkat signifikansi kurang dari 0,05 atau 5%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/