Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Coffee Culture Jombang

Sari Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Coffee Culture Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah para keseluruhan konsumen pada Kedai Coffee Culture di Jombang, dengan pengambilan responden sejumlah 57 sampel secara acak dengan rumus Issac Michael. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah sampling incidental. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi . Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji persamaan regresi liniear sederhana, dengan uji t, dengan bantuan program SPSS versi 16.0 windows.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Dan untuk menghitung besarnya pengaruh bauran pemasaran (X) terhadap kepuasan konsumen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel X sebesar 15,3% sedangkan sisanya sebesar 84,7% dipengaruhi oleh variabel lain. thitung diketahui sebesar 3.152 > ttabel yaitu 1.673 dengan angka probabilitas yaitu sebesar p (nilai Sig)= 0,003 dengan
taraf kesalahan α (nilai Sig)= 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara variabel independen bauran pemasaran terhadap variabel dependen kepuasan konsumen.
Saran dari penelitian ini yaitu bagi kedai Coffee Culture hendaknya tetap
mempertahankan dan mempunyai rencana ke depan lebih maju, berusaha untuk
meningkatkan dalam mengatur, menyusun, menerapkan, serta menjalankan konsep bauran pemasaran yang mana semua usaha tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan para konsumen kedai Coffee Culture, bertujuan agar supaya para konsumen tidak pindah atau lari ke tempat lain dan bagi peneliti selanjutnya, hendaknya perlu dilakukan pengkajian dengan cara memperdalam atau mengembangkan variabel penelitian, sehingga dapat diperoleh temuan lainnya bagi para pengembangan dalam ilmu pengetahuan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/